DISQUS SHORTNAME

FACEBOOK COMMENT APPID

Sabtu, 18 Januari 2014

Adab Makan Seorang Muslim Memakai Tangan

http://duniasyiarislam.blogspot.com/
Dunia Syiar Islam - Makan dalam kebanyakan orang memakai alat seperti sendok dan garpu. Memang dalam etika makan dirumah seperti itu sudah di awali sejak anak-anak dianjurkan memakai sendok. Oleh orang tua makan memakai sendok itu akan terlihat baek karena mencerminkan diri secara hidup sehat. Bagaimana pandangan orang tentang makan yang menggunakan jari tanpa harus memakai alat makan seperti sendok tadi?

Sesuai Sabda Rasulullah SAW"Jika satu suap makan salah seseorang diantara kalian jatuh, ambilah, lalu bersihkan kotorannya, jangan biarkan untuk setan. Jangan membersihkan tangannya dengan sapu tangan, namun jilatlah jari-jarinya karena dia tidak mengetahui bagian mana dari makanan yang mengandung keberkahan". (HR Muslim)

Dalam Hadist Nabi "Rasullah SAW selalu makan dengan ketiga jarinya, setelah selesai makan Rasullah pun akan menjilati ketiga jarinya". (HR Muslim)

Diantara sunnah Rasullah SAW adalah makan dengan menggunakan tangan kanannya. Beliau memakan makanannya dengan tiga jari lalu menjilati ketiga jarinya tersebut sebelum membersihkannya. Dan bila ada satu suap makanannya terjatuh dari tangan Rasul, beliau tidak akan meninggalkan makanan tersebut melainkan mengambilnya dari tanah lalu membersihkannya dan memakannya.

Mungkin dia tidak tahu bagi sebagian orang yang hidupnya selalu mewah tidak suka makan dengan memakai ketiga jarinya. Dengan begitu merasa akan dirinya dengan cara seperti itu dianggap jijik. Jika dibandingkan mungkin saja pada waktu jamannya Rasulullah SAW belum ada atau ditemukannya alat makan seperti sendok. Dan Nabi SAW sendiri telah mengajarkan cara makan memakai tiga jarinya untuk mencari keberkahan dari Allah SWT.

Untuk hikmah makan memakai ketiga jari tangannya menurut Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya' Ulumiddinnya menjelaskan, "Aktifitas makan itu dapat dilihat dari 4 sisi yaitu makan dengan menggunakan satu jari dapat menghindarkan seseorang dari sifat marah, dengan dua jari akan menghindarkan dari sifat sombong, makan dengan tiga jari akan menghindarkan dari sifat lupa, dan makan dengan empat jari atau lima jari akan menghindarkan dari sifat rakus".

Sesungguhnya makan memakai tiga jari akan membuat seseorang dapat mengukur porsi makannya yang cocok bagi dirinya itu. Dan dalam setiap suap makan yang masuk ke dalam mulut akan langsung dikunyah dan bercampur denganair liur sehingga akan menghindarkan dari gangguan pencernaan.


1 komentar:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat min,Oya saya juga baru bikin artikel tentang mengapa lidah ini Kelu saat hendak menemui ajalnya mari baca Klik Disini

    BalasHapus

ADS

Hanya dengan Rp40.000/bulan, Pasang Iklan Teks Anda Disini Sekarang juga!
Hanya dengan Rp40.000/bulan, Pasang Iklan Teks Anda Disini Sekarang juga!
Hanya dengan Rp40.000/bulan, Pasang Iklan Teks Anda Disini Sekarang juga!
Hanya dengan Rp40.000/bulan, Pasang Iklan Teks Anda Disini Sekarang juga!

Popular Posts

Random Posts

Flickr Photo

Translate